Masih seputar  bagaimana cara mendapatkan tulisan , setelah menulis dua langkah mencari Topik / Materi Atau apalah istilahnya ,silahkan baca tulisan ini berjudul : 
  1. Cara Cari Topik Artikel Versi Kedua
  2.  Cara Memilih Topik Artikel Untuk Di Tulis
Sekarang saya akan berikan jurus efektif bagaimana membuat banyak tulisan yang terus berkembang dan ga bakal ada habisnya . Cara ini biasanya di gunakan oleh tokoh-tokoh besar untuk menyikapi perkembangan masalah sosial yang sedang berkembang saat itu . Sebelum saya menulis lebih lanjut saya ingin tanya tanya sedikit .

Dari manakah pengetahuan tentang filsafat, dari manakah ilmu tentang ideologi dan dari manakah rumus-rumus pengetahuan yang kita ketahui sekarang ? Jawabanya bisa di pastikan rata-rata ilmu orang jaman dulu bisa kita ketahui melalu buku . Sudah sepantasnya kita berterimakasih pada mereka yang mau meluangkan waktunya untuk berfikir, menuliskanya dan kemudian mewariskanya kepada kita . Tidak ketinggalan pula terimakasih pada pencetak dan penerbitnya .

Kembali ke topik Cara Efektif  Menulis Kreatif . Jika buku-buku jaman dulu mungkin berisi tentang pemikiran ilmuan secara pribadi yang di tulis sedemikian rupa hingga pantas di bukukan . Saat itu belum ada internet , belum ada forum-forum ilmiah antar negara. mereka tukar pengetahuan lewat karya tulis yang mereka terbitkan . Itu dulu , bagaimana dengan sekarang ?

Sekarang sirkulasi ilmu tentu berbeda dengan jaman dulu , dengan adanya internet yang ada sekarang ini , informasi bisa kita dapat dalam hitungan detik , dengan kecepatan yang sedemikian rupa tentunya kita harus menyadari , bahwa pemikiran yang kita anggap hebat pada menit bisa basi dan tidak berguna dalam waktu kurang satu menit . Wajar dan tidak aneh , namanya juga pemikiran orang banyak .

Bagaimana menyikapi kondisi yang seperti itu ? apakah kita akan tetap optimis untuk menulis buku , karena resikonya , apa yang kita tulis menit ini maka akan basi 5 menit kemudian .

Kita harus tetap optimis , justru dengan kecepatan informasi tadi , maka bisa menambah kecepatan kita untuk mengembangkan materi yang kita tulis . dan hebatnya lagi adalah Isi dan refrensi tulisan kita itu sesuatu yang berhubungan dengan masalah terkini . Ini penting sekali , pembahasan tentang menulis kejadian terkini dan manfaatnya akan saya bahas lain waktu . Mari kembali ke bagaimana Cara Efektif Untuk Menulis Kreatif .

Sepertinya , tulisan ini terlalu panjang lebar , untuk meringkas namun tetap jelas dan lugas , baiklah akan saya sampaikan caranya :
Menulis opini pribadi tentang sesuatu yang terjadi , ini cara paling gampang banget untuk membuat tulisan apapun bentuknya . Apalagi kalau di kaitkan dengan Tokoh Masyarakat, Buku, Artis dan lain sebagainya . Tulisan seperti ini banyak sekali di cari oleh orang banyak , karena banyak orang yang ingin tahu apa pendapat orang lain terhadapa kejadian yang lagi trend tadi .

Itulah salah satu langkah Efektif menghasilkan tulisan yang kreatif . Adapun bagaimana cara menulis artikel berupa opini ? akan di bahas lebih lanjut di bab lain .

Demikian ulasan singkat ini , mudah-mudahan bermanfaat .